Rabu, 12 Juni 2013

PENGALAMAN TERINDAH DI KAPAL LAUT

Pengalaman Terindah Di Kapal Laut

Satu tahun yang lalu tepatnya saat liburan semester genap (2) saya mengunjungi kampung halaman orangtua saya (ibu) di Palembang. Saya pergi kesana bersama keluarga dengan menggunakan Kapal Laut yaitu Kapat Pelni.
Kapal Pelni adalah salah satu alat nama atau jenis alat transportasi laut yang digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang dekat.
          Saya bersama keluarga berangkat dari rumah tanggal 17 agustus 2012 kurang lebih pukul 13.00 menuju pelabuhan Tanjung Priok. Sesampainya disana kami semua langsung bergegas menuju kapal sesuai dengan rute tujuan kami dan tiket yang kami beli. Setibanya kami didepan kapal, ternyata didalam kapal sudah penuh sesak, kami pun sempat kebingungan , raut wajah sang ibu memerah.
          Kami pun naik ke dalam kapal dengan hati – hati dan duduk dibangku sesuai dengan yang telah ditetapkan pada nomor tiket yang sudah kami beli. Kapal pelni berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Palembang kurang lebih pukul 17.00 . Sebelum kapal jalan kami semua tidak lupa berdoa.
         Selama perjalanan kami semua mendapat banyak hal yang membuat kami tertawa dan tersenyum terutama saya. Selama perjalanan saya mendapat banyka keuntungan salah satunya yaitu mendapat teman baru. Saya mendapat kenalan seorang wanita cantik,hehe. Ia ingin menuju Balik Papan,kebetulan wanita itu duduk bersebelahan dengan saya. Setelah berkenalan saya pun bertukar cerita dengan sang wanita,hehe dari pada Bored di perjalanan. Tidak terasa obrolan pun berlangsung lama sehingga membuat perut saya keroncongan,tapi perut saya keroncongan nya tepat sekali,tepat saat  tibanya makan malam.
          Di kapal pelni apabila ingin makan malam kita harus ngantri kaya di dalam penjara sambil nunggu di kasih stempel oleh petugas, belum lagi kalo kita di tanya petugas karena di kira udah ngambil nasi, makin apes deh, lauk nya pun sederhana banget, cuma ada ikan laut dengan sambal.Tapi kalo misalkan kalian ingin naik kapal pelni rute Palembang dan merasa kurang puas dengan pelayanan makanannya , kalian bisa membeli mie instan di restoran kapal, namun harganya cukup mahal baget , mulai 7500 sampai 12.000 rupiah,maklum juga seh dia kan satu - satunya pilihan alternatif makan dikapal.
          Sekitar pukul 21.00 saya mencoba melihat keluar kapal, pada saat itu cuaca lagi terang, banyak bintang dilangit, bulan bertebaran dimana – mana, senang rasanya bisa melihat keindahan langit dimalam hari diatas laut J. Beberepa menit kemudian saya kembali lagi kedalam kapal, terihat banyak penumpang yang bersiap – siap untuk tidur. Kami disini tidur menggunakan kasur busa denga biaya permalam Rp 10.000 . Selain itu di dalam kapal pelni terdapat beberapa sarana yang bisa dimanfaatkan seperti kantin dan musholla di dek 7 (dek paling atas ) dan ada juga tempat karaoke dan maen PS 2 di dek 5. Ada juga sih bioskop mini dimana pemutaran filmnya baru dimulai jam 9 malam.
          Pukul 23.00 saya dan penumpang yang lainnya tidur malam, namun beberapa jam setelah tidur tiba – tiba saya terbangun karna merasakan kedinginan dan rasa sempit karena harus tidur beramai – ramai dengan penumpang yang lainnya. Saya memutuskan untuk naik ke dek 5. Ternyata disana banyak penumpang yang lagi maen PS, akhirnya saya tertarik dan ikut maen PS selama 3 jam dengan biaya perjam Rp 7.000 . Tiba-tiba azan subuh terdengar, saya tidak berasa sudah subuh aja, mungkin terlalu asik saya maen PS hingga lupa waktu untuk tidur.
          Beberapa menit setelah selesai maen PS, saya kembai ketempat tidur saya dan ternyata penumpang lain sudah ada yang bangun daan bahkan ibu dan kaka saya mencari – cari saya, mereka takut saya hilang.
Pukul 06.00 sarapan pagi datang, kami semua sarapan dengan nasi goreng yang dibagikan oleh petugas kapal dan saya sarapan pagi bersama wanita yang saya kenal semalam.
          Setelah selesai makan, saya langsung bergegas untuk mandi, di kapal ada kamar mandi juga loh. Ada rasa yang berbeda saat saya mandi didalam kapal dengan saat saya mandi dirumah,hehe. Disini mandinya ga boleh lama – lama  soalnya harus gantian dengan penumpang lain. Selesai mandi saya duduk disebelah ibu saya dan bertanya “kapan bu sampai di Palembang?” . Saya udah gak betah dikapal pengin cepet – cepet sampai di Palembang ketemu kakek.
          Siang pun tiba, kami diberi makan siang lagi oleh petugas kapal berupa nasi dengan ikan laut, lagi – lagi ikan laut menu yang sama seperti kemarin, mau gak mau saya harus makan ini, dari pada perut saya kelaparan.
Abis makan siang saya mencoba mendekati wanita yang semalam berkenalan dengan saya,wanita itu cantik loh, saya mengajak dia bercerita kembali untuk menghilangkan rasa bosan.
          Tidak terasa pukul 19.00 pun tiba, kapal pelni sudah berada di pelabuhan palembang. Petugas memberitahukan kepada semua penumpang untuk merapikan barang bawaannya agar tidak ada yang tertinggal, dan kesibukan pun terlihat ada semua penumpang termaksud saya.Setelah semua penumpang selesai merapikan barang bawaannya, petugas menginstruksikan kepada semua penumpang agar turun dan keluar dari kapal dengan hati – hati. Alhamdulilah akhirnya sampai juga di pelabuhan Palembang, senang sekali rasanya bisa naik kapal,ini pertama kalinya loh saya naik kapal. Banyak pengalaman,kesan dan pesan yang saya dapat,rasa hati yang bercampur aduk,semua ini takan kulupakan. Keindahan saat naik kapal.