Rabu, 01 Mei 2013

KEBIJAKAN UNTUK MEMENANGKAN GLOBALISASI


Kebijakan Untuk Memenangkan Globalisasi

Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.

Munculnya globalisasi yang mendunia, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap aspek kehidupan bangsa. Sehingga masyarakat sulit untuk menyaring perkembangan teknologi yang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat sendirilah yang harus pintar-pintar menyikapinya. Dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan yang ada dan jangan memaksakan budaya luar yang sulit diterima oleh masyarakat. Maka dari itu, perlu ditanamkan sikap kecintaan terhadap budaya sendiri dan menanamkan nilai-nilai pancasila.

Menurut saya cara memenangkan globalisasi yaitu dengan cara terlebih dahulu membentengi diri dengan agama, memperdalam wawasan ilmu pengetahuan, mengasah kemampuan, berkarya dengan hasil kreatifitas sendiri, pendidikan yang berkualitas, mempermudah akses komunikasi, dan memperluas lapangan pekerjaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar